Ayam Suwir Rica-Rica

By | November 24, 2018

Ayam suwir rica ini enak banget yaa setidaknya menurut aku sama suami hehe,dimakan sama nasi anget,bikin nambah terus deh

Bahan-bahan

  1. 1 buah ayam dada saja
  2. 10 buah bawang merah
  3. 6 buah bawang putih
  4. 20 buah cabe keriting
  5. 10 buah cabe rawit (sesuai selera)
  6. 5 cm kunyit
  7. 5 cm jahe
  8. 5 cm lengkuas
  9. 5 ruas sereh
  10. 2 helai daun salam
  11. 2 helai daun jeruk
  12. 5 butir kemiri
  13. Garam secukulnya
  14. secukupnya Gula
  15. Minyak untuk menumis

Langkah

  1. Rebus ayam hingga matang aja,gak harus empuk.yang penting sudah bisa disuwir.  
  2. Sambil menunggu ayam matang,haluskan bawang merah,bawang putih,kunyit,cabe merah dan rawit,kemiri.punya saya diblender ya…  
  3. Setelah ayam matang,suwir2 mengikuti seratnya yaa…biar tidak terlalu panjang,bisa dipotong beberapa bagian dadanya.sisihkan.  
  4. Siapkan minyak di penggorengan.tumis bumbu,masukkan sereh,salam,daun jeruk,jahe digeprek,laos digeprek.  
  5. Setelah harum,masukkan suwiran ayam.oseng sebentar,masukkan air kaldu.  
  6. Biarkan bumbu meresap,ketika air sudah tinggal sedikit beri garam dan gula.cek rasa.oseng-oseng terus hingga air menyusut dan cenderung kering.matikan api,siap disajikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *